Wednesday, March 22, 2017

Makalah Tentang Pendidikan

Makalah Tentang Pendidikan- Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik  secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengen`dalian diri, keperibadian, kecerdasan, ahlakmulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsadan Negara.

Berikut pembahasaannya!


BAB II
PEMBAHASAN


A.      PENGERTIAN PENDIDIKAN

Menurut UU No. 20 tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik  secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengen`dalian diri, keperibadian, kecerdasan, ahlakmulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsadan Negara.
Menurut Ki.HadjarDewantara (Bapak pendidikan nasional Indonesia) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: pendidika yaitu tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, ada paun maksudnya, pendidika yaitu menuntun segala segala kekuatan kodrat yang ada pada anank-anakitu,agarmerekasebagaimanusiadansebagaianggotamasyarakatdapatlahmencapaikeselamatandankebahagiaansetinggi –tingginya.sa
SedangkanpengertianpendidikanmenurutH. Horne, adalah proses yang terus-menerus(abadi) daripenyesuaian yang lebihtinggibagimahlukmanusia yang telahberkembangsecarafisikdanmental,yangbebasdansadarkepadakepadatuhan, sepertitermanifestasidalamalamsekitarintelektual,emosionaldankemanusiaandarimanusia.
Dari beberapa pengertian pendidikan menurut ahli tersebut maka dapat di simpulkanbahwapendidikaadalahbimbinganataupertolonganyang  diberikanoleh orang dewasakepadaperkembangananakuntukmencapaikedewasaannyadengantujuan agar anakcukupcakapmelaksanakantugashidupnyasendiritidakdenganbantuan orang lain.

B.       PENGERTIAN PENGAJARAN

ArtipengajaranmenurutKamusBesarBahasaIndonesia(KBBI):
1.      Proses, cara, perbuatanmengajarataumengajarkan
2.      Perihalmengajar, segalasesuatumengenaimengajar
3.      Peringatan (tentangpengalaman, peristiwa yang dialamiataudilihatnya)
MenurutJones A. Majid(2005:16)Pengajaranadalahsuatucarabagaimanamempersiapkanpengalamanbelajarbagipesertadidik. Dengankatalainpengajaranadalahsuatuproses yang dilakukanolehpara guru dalammembimbing, membantu, danmengarahkanpesertadidikuntukmemilikipengalamanbelajar.
MenurutSusan B. Bastable: pengajaranmerupakanintervensi yang disengaja yang mencangkupperencanaandanpenerapanaktivitasdanpengalamaninstruksionaluntukmemenuhihasil yang ditujukanbagipesertadidiksepertidalamrencanapengajaran.

C.   HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PENGAJAR
Keterkaitan antara pendidikan dan pengajaran pada intinya pengajaran dapat dibedakan dengan pendidikan ,tetapi sulit untuk dipisahkan. Karena keduanya saling mengisi dan melengkapi. Pembedaan dilakukan hanya untuk kepentingan analisis. Pendidikan dan pengajaran sangat diperlukan dalam proses pembinaan manusia menjadi manusia yang baik. Yakni manusia yang cerdas dan berahlak mulia serta bermanfaat untuk didrinyadanuntuk yang lainnya. Ada duaaspekpentingdidalamdirimanusia yang apabiladikembangkandandikeloladenganbaikakanmenjadisesuatu yang bernilaipositif. Begitupunsebaliknyajikakeduaaspektersebuttidakdikembangkandandikeloladenganbaikmakaakanmenjadisesuatu yang bernilai negative.
Duaaspektersebutadalahakaldanahlakmanusia.Keduaaspektersebutlah yang menjadisasaranpengajarandanpendidikan.jikahanyapengajaransaja yang ditekankankepadamanusia, makamanusiatersebuthanyaakanmenjadipandainamunrusakahlaknya. Akibatnyamanusiatersebutmemanfaatkankepandaiannyauntukberbuatburukdanhanyamemuaskannafsunyasaja.Manusiatersebutakanahlidanmajudibidangnyadanberlomba-lombamencarikemewahan, bersifatserakahdanmementingkandirisendiri, tidakmemilikibelaskasihandan rasa kasih saying, makanilaikemanusiaanitupunakanmusnah. Fisiknyasajasebagaimanusia, namunahlaknyasepertisetanbahkanbisajadilebihrendahdarihewan.Begitupunsebaliknya, jikapendidikansaja yang ditekankanpadamanusia, makaakanmenjadikanmanusia yang berahlakbaiknamunkurangbergunaditengahmasyarakat. Karenajikahanyamendidiksajatanpailmumenyebabkanmanusiamempunyaijiwa yang hiduptetapitiakadailmuuntukdijadikanpanduan.Akhirnyamanusiatersebutkurangmemilikiilmupengetahuandanketerampilanyangdibutuhkandalamkehidupannya.Olehsebabitu, manusiatidakcukuphanyadididiksajatanpadiberikanilmudanbegitupunsebaliknyamanusiajugatidakcukuphanyadiberikanilmusajatanpadididik.Tetapimanusiaharusmendapatkankeduanya agar menjadimanusia yang baikdancerdas

D.   PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU PENGETAHUAN

adapunpengertianpendidikansebagiilmupenegtahuanmenurutparapakarsebagaiberikur :
            S. BROJONOGORO, ilmupendidikanyaituteoripendidikan, perenungantentangpendidikan, dalamartiluasilmupendidikanyaituilmupengetahuan yang mempelajarisoal-soal yang timbuldalamperaktikpendidikan.
Carter V. Good, suatubangunan yang sistematismengenaiaspek-aspekkuantitatik, objekdan proses belajar, menggunakan instrument secaraseksamadalammengajukanhipotesis-hipotesispendidikanuntuk di ujidanpengalamansering kali dalameksperimen pal.
Imam Barnadib, ilmu yang membicarakanmasalah-masalahumumpendidikansecaramenyeluruhdanabstrak. ilmupengetahuanbercorakteoritisdanbersifatpraktis.
Driyarkara, pemikiranilmiah yang bersifatkritis, metodis, dansistematis, tentangrealitas yang disebutpendidikan.

Persyaratanpendidikansebagaiilmu :

Suatukawasanstudidapattampilsebagaidisiplinilmu, apabilamemenuhisyarat-syarat :
1.      Memilikiobjekstudi
Objek material ilmuilmupendidikanadalahperilakumanusia.Objekformalnyaadalahmenelaahfenomenapendidikandalamperspektif yang luasdanintegratifve.
2.      Memilikisistematika
Sistematika ilmu pendidikan dibedakan menjadi 3 bagian yaitu,
a.       Pendidikan sebagai gejala manusiawi, dapat dianalisis yaitu adanya komponen pendidikan yang saling berinteraksi dalam suatu rangkaian keseluruhan untuk mencapai tujuan.
Komponen pendidikan itu adalah :
a)      tujuan pendidikan,
b)      peserta didik,
c)       pendidik,
d)      isi pendidikan,
e)       metode pendidikan,
f)        alat pendidikan,
g)      lingkungan pendidikan.
b.      Pendidikan sebagai upaya sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia. Menurut Noeng Muhadjir sistematika ini bertolak dari fungsi pendidikan, yaitu :
(a) menumbuhkan kreatifitas peserta didik,
(b) menjaga lestarinya nilai insani dan nilai ilahi,
(c) menyiapkan tenaga produktif.
c.        Pendidikan sebagai gejala manusiawi. Menurut Mochtar Buchori ilmu pendidikan mempunyai 3 dimensi :
 (1) dimensi lingkungan pendidikan,
(2) dimensi jenis-jenis persoalan pendidikan,
(3) dimensi waktu dan ruang.
d.      Memilikimetode
Memliki metode-metode dalam ilmu pendidikan :
a)   Metode normative, berkenaan dengan konsep manusiawi yang diidealkan yang ingin dicapai.
b)   Metode eksplanatori, berkenaan dengan pertanyaan kondisi, dan kekauatan apa yang membuat suatu proses pendidikan berhasil.
c)   Metode teknologis, berkenaan dengan bagaimana melakukannya dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.
d)      Metode deskriptif, fenomenologis mencoba menguraikan kenyataan-kenyataan pendidikan dan lalu mengklasifikasikannya.
e)      Metode hermeneutis, untuk memahami kenyataan pendidikan yang konkrit dan historis untuk menjelaskan makna dan struktur dan kegiatan pendidikan.
f)       Metode analisis kritis, menganalisis secara kritis tentang istilah, pernyataan, konsep, dan teori yang ada dalam pendidikan.
















BAB III
PENUTUP
A.   KESIMPULAN
a)      Pendidikaadalahbimbinganataupertolonganyang  diberikanoleh orang dewasakepadaperkembangananakuntukmencapaikedewasaannyadengantujuan agar anakcukupcakapmelaksanakantugashidupnyasendiritidakdenganbantuan orang lain.
b)      Pengajaranadalahsuatuproses yang dilakukanolehpara guru dalammembimbing, membantu, danmengarahkanpesertadidikuntukmemilikipengalamanbelajar.
c)      Pendidikandanpengajaransangatdiperlukandalam proses pembinaanmanusiamenjadimanusia yang baik. Yaknimanusia yang cerdasdanberahlakmuliasertabermanfaatuntukdidrinyadanuntuk yang lainnya.
d)     Pendidikan sebagai suatu disiplin ilmu harus memiliki objek, sestematika dan metodis.











DAFTAR PUSTAKA
Menurut-uu-no.-20-tahun-2013-tentang-sisdiknas/
Fisika79.wordpress.com/2011/04/26/pendidikan-dan-pengajaran/


No comments:

Post a Comment

PROGRAM LINEAR

A.   Persamaan garis 1.     Persamaan garis yang melalui titik A (X 1 , y 1 ) dan B (X 2 ,Y 2 )             Persamaan garis yang mela...