Monday, January 22, 2018

Proposal Pengadaan Jaringan Komputer Berbasis LAN

Pengadaan Jaringan Komputer Berbasis LAN - Teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang dengan pesat pada saat ini.  Dengan kemajuan teknologi informasi, pengaksesan terhadap data atau informasi yang tersedia dapat berlangsung dengan cepat, efisien serta akurat. Contoh dari hasil kemajuan teknologi informasi adalah berkembangnya jaringan Intranet dan Internet yang memungkinkan seluruh umat manusia di seluruh dunia menggunakan data-data yang tersedia/terhubung dalam jaringan tersebut secara bersama-sama. 


Langsung saja, berikut dalam bentuk proposalnya!




BAB 1
PENDAHULUAN


1. LATAR BELAKANG
       Teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang dengan pesat pada saat ini.  Dengan kemajuan teknologi informasi, pengaksesan terhadap data atau informasi yang tersedia dapat berlangsung dengan cepat, efisien serta akurat. Contoh dari hasil kemajuan teknologi informasi adalah berkembangnya jaringan Intranet dan Internet yang memungkinkan seluruh umat manusia di seluruh dunia menggunakan data-data yang tersedia/terhubung dalam jaringan tersebut secara bersama-sama. 
Ciri-ciri jaringan computer adalah :
1. Berbagi perangkat keras (hardware).
2. Berbagi perangkat lunak (software).
3. Berbagi saluran komunikasi (internet).
4. Berbagi data dengan mudah.
5. Memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.
       Sesuai dengan uraian diatas, kamipun berniat untuk membuat jaringan komputer di sebuah kantor desa yang terletak di Desa Dasan Borok Kec. Suralaga dengan harapan supaya kinerja para staf disana lebih cepat dan mudah. Karena setelah kami melakukan penelitian langsung, komputer yang ada di desa ini masih belum terhubung sama sekali dan disana Cuma ada 1 buah printer yang digunakan secara bergantian dengan sebuah plasdisk. Tentu saja hal ini dapat memperlambat dan bahkan tergolong ribet. Oleh karenanya kami pun berencana untuk membuat sebuah jaringan komputer berbasis LAN supaya printer yang Cuma satu buah tersebut bisa dipakai oleh semua komputer yang ada disana tanpa harus memakai plasdisk lagi. Bukan hanya itu, dengan jaringan komputer LAN ini, bisa juga berfungsi untuk mengirim data dengan lebih cepat dan mudah. Sehingga bisa memudahkan para staff dalam melayani masyarakat.

2. TUJUAN
1).   Tujuan Umum
Dengan menerapkan jaringan antar komputer diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dan medorong tercapainya pengambilan keputusan yang akurat berdasarkan data akurat dari berbagai sumber data dalam sebuah jaringan lokal.
2).   Tujuan Khusus
Memuat jaringan antar komputer guna kelancaran jaringan informasi data digital di kantor Desa Dasan Borok kec. Suralaga.

3. MANFAAT
Tersedianya jaringan yang menghubungkan antara komputer-komputer di kantor Desa Dasan Borok kec. Suralaga mampu memberikan manfaat antara lain :
1).    Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama.
Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan computer mengatasi masalah jarak.
2).    Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
3).    Menghemat uang.
Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan computer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari computer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.






BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


1.       JARINGAN KOMPUTER
     Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri komputer dan perangkat lainnya yang dirancang untuk dapat bekerja bersama-sama dalam berbagai manfaat dan tujuan antara lain untuk berkomunikasi, akses informasi, menerima maupun memberikan layanan. Bagian yang menerima layanan disebut Client dan bagian yang memberikan layanan disebut Server. Sistem ini dikenal sebagai sistem client-server yang sudah digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

2.       LAN
      Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.
      Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
      Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.
3.       PROTOKOL
      Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah Jaringan komputer, seperti misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda.
Atau definisi lain dari protokol adalah perangkat aturan yang dipakai di dalam jaringan, protokol ialah suatu aturan main yang menata atau mengatur komunikasi antar beberapa komputer dalam sebuah jaringan sehingga komputer anggota dari jaringan dan komputer yang berbeda platfrom dapat saling mengirimkan informasi dan saling berkomunikasi.

4.       KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JARINGAN KOMPUTER (KHUSUSNYA LAN)
1.       Memiliki jaminan keamanan yang lebih karena fasilitasnya dalam menggunakan IP lokal jaringan hanya dengan switch kemudian router
2.       Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersama-sama
3.       Melakukan transfer file melalui suatu server pengatur keluar-masuk informasi adalah hal yang memungkinkan.
4.       Penggunaan dengan LAN dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien
Keamanan kerahasiaan data maupun investasi terjamin karena LAN memiliki sistem pengatur password
5.       Tidak banyak penggunaan kabel
6.       User interface yang digunakan adalah fasilitas yang baku
7.       Bisa menciptakan jaringan hubungan antar sistem dan berbagai merek
sistem yang terhubung ke terminal lebih banyak
8.       Jaringan LAN membuat kita mengkopi data antar komputer dan lebih cepat sehingga menghemat waktu
9.       Karena banyak sistem yang terhubung maka dengan jaringan LAN komputer dapat dihubungkan dengan beberapa termasuk serat optik,kabel pasangan,cahaya inframerah,isyarat radio dan kabel pasangan. Hubungan-hubungan tersebut merupakan topologi yang fungsinya menjalankan tugas atas pesan dari satu komputer ke komputer lain 

  


BAB III
TAHAP-TAHAP PELAKSANAAN


Dalam pelaksanaan pemasangan jaringan ini mencakup hal-hal sebagai berikut :
1.       Survei Lokasi dan Desain Jaringan
Survei lokasi dimaksudkan untuk mengetahui letak tiap-tiap komputer yang akan dihubungkan ke jaringan. Survei ini yang akan menentukan desain dari jaringan komputer tersebut.
2.       Pemasangan LAN Card
Setiap komputer yang akan dihubungkan ke jaringan harus memiliki LAN Card. Untuk itu setiap komputer tersebut harus dipasang LAN Card.
3.       Instalasi LAN Card
LAN Card yang sudah terpasang tidak bisa digunakan jika belum terinstal dengan software khusus sesuai tipenya. Untuk itu setiap komputer yang dipasang LAN Card harus diinstal drivernya
4.       Instalasi kabel pada tiap unit komputer  yang akan dihubungkan
5.       Instalasi dan Konfigurasi Komponen Network

Terdiri dari beberapa item lagi yaitu
1.    Mengidentifikasi komputer di dalam jaringan
      Memberikan nama komputer yang unik untuk mengidentifikasi komputer yang akan digunakan agar dapat “berkomunikasi” dengan komputer lain di dalam jaringan.   
2.    Memberi nama computer
Komputer dengan sistem operasi Windows di dalam jaringan komputer harus menggunakan nama yang unik untuk menghindari adanya tumpang-tindih dengan komputer lain.
3.    Menginstall dan mengkonfigurasi kartu jaringan
Network adapter card (kartu jaringan) harus dipasang di dalam komputer, agar komputer yang dapat “berinteraksi” di dalam jaringan. Kartu jaringan menggunakan media fisik untuk tipe network, media
dan protokol.
4.    Menginstall protokol jaringan
Untuk dapat “berkomunikasi” antara dua buah komputer atau lebih dalam jaringan komputer, menggunakan protokol yang sering (umum) digunakan.

5.    Mengkonfigurasi TCP/IP
Implementasi TCP/IP pada Windows98 meliputi protokol standar TCP/IP, kompatible dengan TCP/IP berbasis jaringan. Protokol standar TCP/IP termasuk:
1. Internet Protocol,
2. Transmission Control Protocol (TCP),
3. Internet Control Message Protocol (ICMP),
4. Address Resolusion Protocol (ARP),
5. User Datagram Protocol (UDP).
TCP/IP harus dikonfigurasikan sebelum dahulu agar bisa “berkomunikasi” di dalam jaringan komputer. Setiap kartu jaringan komputer yang telah diinstall memerlukan IP address dan subnet
mask. IP address harus unik (berbeda dengan komputer lain), subnet mask digunakan untuk membedakan network ID dari host ID.






BAB IV
RINCIAN BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN


1.       RINCIAN BIAYA (ANGGARAN)
Anggaran untuk pemasangan jaringan ini dikelompokkan menjadi dua yaitu anggaran untuk pembelian perangkat keras LAN dan anggaran intalasi LAN
Tabel 1 Rincian Biaya
NO
JENIS PENGELUARAN
HARGA SATUAN
JUMLAH HARGA
1
Perangkat Keras



-          1 Roll Kabel UTP
500.000
Rp. 500.000

-          2 Switch 8 port
300.000
Rp. 600.000

-          1 Dos Connector RJ-45
175.000
Rp. 175.000

-          5 Lan Card
200.000
Rp. 1.000.000
TOTAL
Rp. 2.275.000
2
Instalasi Jaringan



- Setup Jaringan
400.000
Rp. 400.000

- Instal Jaringan
400.000
Rp. 400.000
TOTAL
Rp. 800.000
TOTAL KESELURUHAN
Rp. 3.075.000

2.       JADWAL KEGIATAN
Tabel 2 Jadwal Kegiatan
No
Nama Kegiatan
Pelaksanaan
Hari
1
2
3
4
5
6
7
1
Survey Lokasi







2
Desain Jaringan







3
Membeli Bahan-bahan







4
Pemasangan LAN Card







5
Instalasi LAN Card







6
Instalasi Kabel tiap unik komputer







7
Setup Jaringan Network







8
Pengujian










DAFTAR PUSTAKA








No comments:

Post a Comment

PROGRAM LINEAR

A.   Persamaan garis 1.     Persamaan garis yang melalui titik A (X 1 , y 1 ) dan B (X 2 ,Y 2 )             Persamaan garis yang mela...