Marketing Sebagai Strategi Bisnis - Perusahaan membutuhkan 3 pilar utama agar dapat maju dan berkembang secara konsisten untuk jangka waktu yang panjang. Ketiga pilar tersebut meliputi strateg, system, dan sumber daya manusia (3S). Mari kita bahas sejauh mana ketiga hal tersebut signifikan dalam perkembangan strategi bisnis.
Pertama, strategi jelas dibutuhkan oleh perusahaan untuk sukes dan berkembang. STAR Marketing merupakan konsep yang menawarkan strategi untuk membantu perusahaan menjadi maju dan berkembang. Perusahaan perlu melakukan scan market area mereka terlebih dahulu, secara baik dan benar, sebelum melakukan perumusan strategi marketing yang efektif dan tertuang di dalam marketing plan. Setelah itu, implementasi marketing plan harus disesuaikan dengan jadwal yang telah direncanakan, sebab rencana tanpa implementasi tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, strategi marketing yang telah diimplementasikan juga perlu di-recheck untuk mengetahui efektivitas marketing plan yang telah dilaksanan. Efektivitas marketing plan dapat diketahui dari perkembangan penjualan, popularitas merek, dan peningkatan kepuasaan pelanggan.
Kedua, sebuah sistem yang baik dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Sistem yang baik tersebut merupakan sistem yang mudah diaplikasikn, mampu merekam semua aktivitas bisnis perusahaan, memiliki efisiensi waktu, mampu mendeteksi kecurangan-kecurangan yang terjadi, mampu menjadi pedoman kerja bagi setiap staf dan pejabat perusahaan, serta mampu memahami pelanggan perusahaan dengan baik.
Ketiga, sistem dan strategi yang baik juga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hanya SDM berkualitas yang mampu merumuskan strategi marketing yang tepat bagi perusahaan dan sekaligus menyusun sistem untuk perusahaan. Investasi untuk pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia menjadi kebutuhan dasar bagi setiap perusahaan.
Dengan memerhatikan dan mempersiapkan ketiga pondasi tersebut dengan baik, perusahaan lebih siap untuk menjadi perusahaan yang kuat dan mampu berkembang secara konsisten.
Peran Marketing yang semakin Strategis
Persaingan yang semakin meningkat karena bertambahnya jumlah pesaing, pesatnya perkembangan teknologi dan naiknya kebutuhan pelanggan memaksa perusahaan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan kegiatan pemasaran yang sungguh mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan baik dan tepat, sebab dengan memahami pelanggan, kemungkinan keberhasilan perusahaan akan semakin terbuka.
Perusahaan yang menjalankan fungsi marketing dengan baik biasanya tingkat keberhasilannya menjadi lebih tinggi dan akhirnya itu akan memperkuat merek perusahaan secara konsisten. Merek yang kuat merupakan aset yang sangat berharga dan bersifat jangka panjang. Banyak perusahaan yang sudah mapan selalu fokus terhadap kegiatan membangun merek produk. Dengan begitu, perusahaan tersebut menjadi semakin terkenal dan dipercaya oleh pelanggannya.
No comments:
Post a Comment